Serba-Serbi Search Engine Optimization (SEO) Terkini
Started 2 minggu yang lalu by Putri Salsabila in Ruang Bisnis Online
Mau nanya, apakah SEO masih relevan saat ini, dan seperti apa SEO tersebut saat ini?
Body
Mau nanya, apakah SEO masih relevan saat ini, dan seperti apa SEO tersebut saat ini?
6 Replies
-
Oh, seperti itu toh. Berarti cara SEO ini bisa berbeda-beda ya kak @zaki
...Algoritma mesin pencari seperti Google adalah rahasia dagang yang dijaga ketat dan terus berkembang. ...Benar sekali @hewi, banyak prinsip-prinsip SEO yang kita kenal saat ini seperti pentingnya backlink, kecepatan situs, dan optimasi mobile, berasal dari penelitian dan diskusi bersama di antara para praktisi.
Adapun alat-alat SEO seperti Moz, SEMrush, dan Ahrefs hanyalah sebuah tools yang menyediakan data dan analitik untuk membantu para praktisi mengukur efektivitas strategi mereka.
Tetapi tetap saja, banyak dari keputusan yang dibuat adalah berdasarkan pengamatan langsung, pengalaman, dan observasi.
Oh, seperti itu toh. Berarti cara SEO ini bisa berbeda-beda ya kak @zaki
Aku bantu jawab ya :)
Algoritma mesin pencari seperti Google adalah rahasia dagang yang dijaga ketat dan terus berkembang.
Google melakukan ratusan hingga ribuan pembaruan algoritma setiap tahun, beberapa besar dan banyak lainnya kecil, yang semuanya mempengaruhi cara halaman web dirangking.
Akibatnya, strategi SEO yang efektif harus bersifat dinamis dan adaptif, selalu siap untuk beradaptasi dengan perubahan terbaru.
Replied 1 minggu yang lalu
Sejak awal kemunculannya pada akhir 1990-an, SEO telah berakar pada upaya para webmaster untuk memahami bagaimana algoritma mesin pencari bekerja.
Karena mesin pencari seperti Google tidak secara langsung mengungkapkan bagaimana algoritma mereka menentukan peringkat situs, para praktisi SEO harus mengandalkan pengamatan terhadap hasil pencarian, eksperimen dengan berbagai strategi, dan analisis atas data dari alat-alat seperti Google Analytics untuk memahami apa yang efektif.
Misalnya, ketika webmaster menyadari bahwa memasukkan kata kunci tertentu dalam teks dapat meningkatkan peringkat halaman, strategi keyword stuffing (memasukkan kata kunci berlebihan) menjadi umum.
Namun, seiring berjalannya waktu, Google memperbarui algoritmanya untuk menghukum praktik seperti itu, sehingga para praktisi SEO harus terus menyesuaikan strategi mereka.
Search Engine Optimization atau SEO ini memang berkembang dari praktik-praktik yang awalnya berbasis pada eksperimen, pengamatan, dan analisis terhadap bagaimana mesin pencari, terutama Google, mengindeks dan merangking halaman web.
Dan memang benar, tidak ada rumus pasti yang berlaku selamanya, karena algoritma mesin pencari terus berubah.
Replied 1 minggu yang lalu
Oh, seperti itu toh. Berarti cara SEO ini bisa berbeda-beda ya kak @zaki
Mungkin baiknya kita kembali melihat dan mengenali apa dan seperti apa itu SEO sebenarnya. Kalau baca dari Sejarah SEO, terlihat SEO ini tidak ada rumus yang pasti dan akan selalu berubah-ubah. Dan tidak ada yang tahu secara pasti bagaimana SEO terbaru.
Karena SEO ini adalah uji coba dan analisa yang dibuat dan dilakukan oleh para webmaster atau pemilik/pengelola website ๐
Namun demikian biasa-nya pemilik search engine memberikan kisi-kisi secara umum saja, dan silahkan diterjemahkan sendiri ๐๐๐